Materi Struktur Data Pohon Dan Graf Kelas IX.3 Semester 1
✅ 1. Aspek Tata Letak dan Keterbacaan
Kelebihan:
-
Materi dibagi menjadi bagian-bagian yang jelas: definisi, jenis, dan contoh.
-
Terdapat skema visual (diagram pohon dan graf) yang membantu pemahaman.
-
Penulisan menggunakan bullet point untuk poin-poin penting, sangat membantu siswa memahami isi secara terstruktur.
Saran Perbaikan:
-
Judul dibuat lebih mencolok, misalnya dengan tulisan huruf kapital seluruhnya atau diberi kotak agar lebih menarik dan mudah terlihat (misal:
BERPIKIR KOMPUTASIONAL,STRUKTUR DATA,CONTOH 1, dll). -
Gunakan spasi antar bagian agar tidak terlalu padat. Misalnya antara “Struktur data pohon” dan “Struktur data graf” diberi jarak lebih luas.
-
Gunakan penekanan visual, seperti huruf miring, garis bawah, atau penebalan kata untuk istilah penting (misal: “siklus”, “garis lurus ke bawah”, “acak”, dll).
-
Warna berbeda untuk menggambar graf dan pohon bisa membuat tampilan lebih jelas bila ada spidol warna.
✅ 2. Aspek Materi/Substansi
Kelebihan:
-
Definisi berpikir komputasional sudah cukup tepat sebagai pembuka.
-
Penjelasan struktur data disampaikan secara sederhana dan sesuai dengan level SMP.
-
Penggunaan contoh struktur keluarga, kelas, dan teman sangat membantu karena kontekstual dan dekat dengan dunia siswa.
-
Sudah membedakan struktur data pohon dan graf dari segi:
-
arah hubungan (lurus vs bebas),
-
keberadaan siklus,
-
tingkatan atau jabatan.
-
Saran Perbaikan:
-
Definisi “berpikir komputasional” bisa dilengkapi dengan empat pilar utama, yaitu: dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Ini akan lebih kuat secara teori.
-
Untuk definisi “struktur data”, alangkah baiknya ditambahkan bahwa struktur data ini digunakan untuk efisiensi dalam penyimpanan dan pengambilan data, sehingga murid paham fungsinya dalam kehidupan nyata (misalnya: mengurutkan nilai, menyimpan data siswa, dll).
-
Bisa diberi penekanan bahwa:
-
Pohon tidak memiliki siklus, dan selalu ada akar.
-
Graf bisa memiliki siklus dan arah bebas.
-
✅ 3. Aspek Visualisasi Contoh
Struktur Data Pohon:
-
Contoh “Silsilah keluarga” dan “Struktur kelas” sangat bagus.
-
Diagram sudah benar dengan penurunan cabang dari atas ke bawah.
Saran:
-
Bisa ditambahkan istilah seperti "root node" untuk akar (misalnya “Ayah-Ibu” adalah root), dan "leaf node" untuk ujung (misalnya “Riski”).
-
Tambahkan panah ke bawah jika memungkinkan, untuk menegaskan arah hierarki.
Struktur Data Graf:
-
Sudah menggambarkan hubungan pertemanan secara tidak berurutan dan siklus.
-
Konsep “berteman dengan” cukup jelas.
Saran:
-
Tambahkan label atau panah pada garis penghubung jika ingin menjelaskan arah hubungan (misal: A mengenal B, tapi belum tentu B mengenal A).
-
Gunakan istilah seperti simpul (node) dan sisi (edge) agar siswa mulai mengenal istilah ilmiahnya.
✅ 4. Aspek Bahasa dan Penulisan
Kelebihan:
-
Bahasa sangat sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMP.
-
Tidak terlalu teknis, namun tetap mengarah pada inti konsep.
Saran:
-
Beberapa tulisan bisa diperjelas dan dirapikan agar terbaca lebih jelas dari kejauhan. Misalnya kata “tingkatan”, “jabatan”, dan “tidak memiliki”.
-
Beberapa kata bisa dilengkapi agar lebih formal dan lengkap, contoh:
-
“Garis penghubung acak/bebas” → bisa ditulis “Hubungan antar simpul bersifat acak/tidak berurutan”.
-
✅ 5. Aspek Pedagogis
Kelebihan:
-
Pendekatan pembelajaran berbasis contoh nyata sangat baik.
-
Siswa kemungkinan besar akan lebih mudah mengingat dan memahami karena contoh berasal dari keseharian mereka.
Saran:
-
Setelah menjelaskan contoh di papan, bisa dilanjutkan dengan aktivitas membuat struktur pohon atau graf versi siswa sendiri, misalnya:
-
Buat pohon struktur organisasi ekstrakurikuler mereka.
-
Buat graf teman sekelompok belajar.
-
✅ Rangkuman Masukan:
| Aspek | Masukan Singkat |
|---|---|
| Tata Letak | Tambahkan jarak/spasi, penekanan visual, dan warna |
| Materi | Tambahkan prinsip berpikir komputasional, istilah teknis dasar |
| Visualisasi | Gunakan arah panah, simbol, dan istilah formal seperti simpul & sisi |
| Bahasa | Rapi dan jelas, bisa diperkuat dengan istilah ilmiah ringan |
| Pedagogis | Sudah baik, bisa ditambah tugas eksploratif atau refleksi |


Komentar
Posting Komentar